Pejalan Kaki ke Makam Sunan Giri akan Dimanjakan

Pejalan Kaki ke Makam Sunan Giri akan Dimanjakan

alan menuju makam sunan Giri Gresik rencananya akan di perlebar guna kelaikan akses jalan ke wisata religi tersebut. Awalnya Jl. Sunan Prapen yaitu jalan menuju makam sunan giri hanya mempunyai lebar kurang dari 9 meter dan sekarang rencananya akan di perlebar menjadi 11 meter ini berarti jalan akses ke makam Sunan giri yang biasanya macet ini menjadi lebih longgar dan membuat pengunjung lebih menikmati perjalanannya.
”jalur kendaraan, baik dokar, ojek dan kendaraanmn lain akan ditata agar
tidak macet dan semrawut.” kata Kabag Humas Mighfar Syukur kepada kabargresik.

Tak ketinggalan, Pemkab Gresik juga akan membangun jalan pedestrian, yaitu jalan khusus bagi pejalan kaki menuju kawasan makam. Kiranya tak lama lagi pembangunan jalan itu terwujud, karena pembebasan lahannya saat ini sudah beres.
Pemkab Gresik telah memberikan ganti rugi kepada warga tiga desa yang bersinggungan dengan jalan tersebut masing-masing warga desa Sekar Kurung, Klangonan dan Giri Kecamatan Kebomas. Saat ini, tampaknya warga banyak yang telah membongkar sendiri bangunannya, sesuai ganti rugi yang telah dibayarkan. Jalan pedestrian yang menghubungkan terminal pemberhentian Bus di desa Sekarkurung, proses pembangunannya direncanakan akan menelan waktu sekitar 3 bulan dengan, dana sebesar Rp. 4 miliar dari APBD Gresik tahun 2008.” ujar kabag Humas Pemkab Gresik, Drs. Mighfar Syukur, MM. Konstruksi yang dipakai bukan aspal, melainkan paving warna-warni berhiaskan ornamen motif bunga.

Konsepnya, mirip kalau kita berwisata, berjalan-jalan di tengah kota di Singapura atau berwisata menyusuri jalan di Venesia, Italia. Jadi pembangunan jalan pedestrian arahnya untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi wisatawan untuk berjalan kaki seperti layaknya di luar negeri.
Untuk memberikan rasa aman dan nyaman, kami akan membangun taman lengkap dengan tanaman peneduh, kursi dan lampu-lampu taman. Tujuan kami jelas, yaitu ingin mendongkrak kunjungan wisata ke Gresik. Dengan memberikan kenyamanan pada peziarah, secara otomatis akan meningkatkan kunjungan peziarah kepada dua makam
yaitu Sunan Giri di desa Giri dan Maulana Malik Ibrahim di desa Gapuro Sukolilo.(tik)

Add Comment